Problematika Bahasa Indonesia Keilmuan (BIK)



1.      Kesalahan penalaran
Contoh:
     Salah satu indikasi inovasi yang berkenaan dengan organisasi kelembagaan, misalnya, yakni perubahan orientasi kelembagaan pendidikan dasar yang semula 6 tahun menjadi 9 tahun.
Perbaikan:
Salah satu indikasi inovasi yang berkenaan dengan organisasi kelembagaan adalah perubahan orientasi dari Sekolah Dasar 6 tahun menjadi Pendidikan Dasar 9 tahun.

2.      Kesalahan pemakaian kata
Contoh:
(1)          Pengambilan data dijalankan dengan menyebarkan angket kepada semua informan yang telah ditentukan.
(2)          Para ahli tahu bahwa perancangan aplikasi sistem informasi penggajian karyawan berbasis komputer dapat menjamin keakuratan dan kemampuan akses data.


3.      Kalimat tidak logis
Contoh:
Kepada semua informan mendapatkan dua macam instrumen yaitu angket dan catatan kegiatan.

4.      Kalimat tidak memiliki kejelasan fungsional
Contoh:
Dalam sayuran daun hijau sudah terdapat pengadaan gizi yang lengkap, yaitu protein, mineral yang bernilai tinggi, dan hidangan akan bergizi lengkap, pencernaan menjadi lancar, kesehatan dan kesejahteraan terjamin.

5.      Kalimat tidak lengkap
Contoh:
Untuk mengetahui cara kerja governor dari segi elektrikal, dilakukan interface antara turbin penggerak dengan generator.

6.      Kalimat yang boros
Contoh:
Berdasarkan sifat masalah dan tujuan penelitian ini maka rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif.
 
7.      Ketidakcocokan sebuah kalimat dengan konteks kalimat-kalimat yang lain
Contoh:
Proyek Lembah Dieng terletak di Dukuh Sumberjo, Desa Kalisungo yang termasuk dalam daerah Kabupaten Malang. Daerah Malang yang sejuk terdiri dari pegunungan-pegunungan kecil.

Komentar